Knapa menggelitik diri tidak geli


Assalamualaikum.wr..wb
Geli adalah respons dari indra peraba atau perasa yang dikontrol oleh saraf sensorik, kita sering digelitik oleh teman, saat bermain atau saat becada ria, namun apa yang anda rasakan, anda geli kan, itu adalah hal yang wajar dan itu pertandanya anda masih sehat, saraf anda masih bekerja dengan baik. Terus kenapa kalo kita menggelitik diri kita sendiri tidak ada rasa atau sensasi geli. Ok kita akan membahasnya.
(Sumber gambar : Hello-PET.com)


» PERNAHKAH ANDA MELAKUKAN MENGGELITIK DIRI ANDA SENDIRI
Jika anda belum pernah melakukannya coba anda lakukan sekarang.....! Nah gimana rasanya, pasti anda tidak geli kan, itu benar anda pasti tidak geli kecuali anda mengindap suatu penyakit dan juga akan kita bahas juga nanti dibawah. Nah bagaimana kalo anda sudah mengelitik diri anda sendiri, dan anda pasti bertanya-tanya kok bisa ya, kenapa bisa, apakah ada sihir..... hehe tenang aja. Gk ada sihir disini. Saat anda penasaran pasti anda berpikir apa sih jawabannya, pasti sangat rumit. Hehehe. Sebenarnya jawabannya sangat sederhana, kalau anda berpikirnya secara tenang pasti anda menemukan jawabannya. Kalo tidak dapat pun gk apa apa kan kita akan menjelaskannya disini. Sebelum kita melanjutkan ke pembahasan pokok kita ulang dulu yok pembahasan tentang perintah atau tanggapan otak terhadap ransangan. Itu pelajaran SMA loh.   Kalo gk salah kelas 2 SMA dulu saya belajar materi itu. Materi itu berhubungan dengan materi gerak refleks.


» APA ITU RANSANGAN
Ransangan terbagi dua bagian

1.) Ransangan dari luar
Ransangan dari luar adalah ransangan yang berasal dari luar tubuh, misalnya digelitik (menimbulkan rasa geli), dipukul (menimbulkan rasa sakit), di panggil (menimbulkan respon untuk menengok kearah asalnya suara) dan lain lain sebagainya.

2.) Ransangan dari dalam
Ransangan dari dalam adalah ransangan yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri, contohnya : sakit perut, lapar, dan lain sebagainya.

Nah kalo kita sudah mengetahui ransangan kita lanjut lagi ke respons.


» APA ITU RESPONS
Respons adalah tanggapan otak dari ransangan baik itu dari luar maupun dari dalam yang dideteksi oleh saraf saraf dan diterjemahkan oleh otak. Anda masih belum mengerti, saya berikan contoh.

Jika anda terinjak duri maka saraf saraf tepi yang berada di telapak kaki anda mendeteksi dan mengirimnya ke otak anda. Kemudian otak anda menerjemahkan kalo itu sakit, maka pesan dikirim lagi ketempat dimana luka terinjak duri tersebut, maka hasilnya sakit, kemudian otak memerintah lagi mata anda supa melihat apa penyebab kaki anda sakit, kemudian mata melihatnya dan mata mengirim lagi gambar yang ditangkap ke otak dan otak menerjemahkan nya bahwa itu duri.
Nah seperti itulah. Ok kalo anda sudah paham kita langsung saja ke pembahasan judulnya.


»KENAPA MENGGELITIK DIRI SENDIRI TIDAK GELI
Nah kalau anda sudah paham tentang pembahasan diatas anda juga pasti sangan paham tentang penjelasan ini.

Langsung saja ke contoh ya.
Saya menggelitik diri saya, kenapa saya tidak ada sespons geli. Itu dikarenakan tidak ada afek kejutan. Kenapa begitu. Kan yang menggelitik saya, saya sendiri. Yang memerintahkan menggelitik kan otak. Dan dimana jari saya akan jatuh saat saya menggelitik bahkan otak juga sudah tau. Jadi tidak ada efek terkejut atau kaget. Makanya tidak geli.

Bagimana sudah paham kah.
Nah kalau anda merasa geli saat menggelitik diri anda sendiri maka anda berarti mengindap penyakit Skizofrenia. Untuk penjelasan Skizofrenia kita akan bahas di artikel mendatang.

Nah sikian postingan saya semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan boleh tanyakan di kolom komentar. Tetimakasih.
Klik ikuti ya. Heheheh

2 comments

Judul artikelnya keren bingitttt:D jangan lupa kunjungan baliknya mas:)


EmoticonEmoticon