penyakit Efusi pleura




Efusi pleura

Efusi pleura dimana keadaan terjadi pengumpulan cairan didalam rongga pleura, yaitu rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada. Dalam keadaan normal, hanya ditemukan sedikit cairan mirip lapisan tipis yang memisahkan kedua lapisan pleura dan yang berfungsi sebagai pelumas paru. Jika terjadi kelainan, maa cairan yang bisa terkumpul didalam rongga pleura dapat berupa darah, nanah, cairan seperti susu, dan cairan yang mengandung kolesterol tinggi.



Jenis jenis efusi pleura





Hemotoraksa

Disebut hemotoraks apabila rongga pleura tetisa darah. Keadaan ini biasanya terjadi karena cedera didada. Penyebab lainnya adalah pecahnya pembuluh darah yang kemudian mengalirkan darahnya kedalam rongga pleura, kebocoran eneurisma ourta (daerah yang menonjol seperti balon di pembuluh darah besar/ourta) yang kemudian mengalirkan darahnya kedalam rongga pleura, serta gangguan pembekuan darah. Darah didalam rongga pleura tidak membeku secara sempurna, sehingga ketika tetjafi trauma kecil saja, darah dengan mudah keluar.



Empiema

Apabila yang terkumpul didalam rongga pleura adalah nanah, maka hal ini disebut empiema. Empiema bisa terjadi jika pneumonia atau abses paru menyebar kedalam rongga pleura. Empiema juga bisa merupakan komplikasi dari infeksi di dada, pasca operasi dada, pecahnya pembuluh darah dikerongkongan, dan ada nanah atau abses di parut.



Kilotoraks

kilotoraks adalah sebutan untuk cairan seperti susu yang berkumpul didalam rongga dada. Hal ini biasanya disebabkan oleh suatu cedera pada saluran getah bening utama di dada (duktus torakikus) atau oleh penyumbatan jarena tumor.


EmoticonEmoticon