Cara mudah mengetahui, mencegah dan mengobati penyakit batuk



Batuk
                Hampir setiap orang pernah mengalami batuk. Batuk memiliki ciri khas sehingga bisa dikenali. Satu hal yang perlu diketahui bahwa batuk hanyalah sebuah gejala,bukan suatu penyakit. Batuk baru bisa ditentukan sebagai tanda suatu penyakit jika ada gejala lain yang menyertainya.


Refelek alamiah batuk
                Sebenarnya batuk batuk merupakan cara tubuh melindungi paru-paru dari masuk nya zat atau benda asing yang mengganggu. Batuk merupakan reflek alami tubuh, dimana saluran pernapasan berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau produksi lendir yang berlebihan. Jika ada lendir, debu, asap, atau benda asing lainnya yang menganjal ditenggorokan. Maka tubuh akan batuk untuk mengeluarkannya. Batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan sehingga dapat bernapas dengan lebih mudah. Sesekali batuk-batuk kecil merupakan hal yang biasa bahkan menyehatkan, karna itu merupakan cara menjaga saluran pernapasan agar tetap bersih. Baliknya, batuk yang kuat dan terus menerus dapat mengganggu saluran pernapasan, sehingga harus diwaspadai.
                Batuk dimulai ketika suatu zat atau benda asing mencapai salah satu reseptor reseptor batuk dihidung, tenggorokan, atau dada. Reseptor tersebut kemudian menyampaikan pesan kepusat batuk diotak yang memberi perintah agar batuk. Lalu hidung menghirup napas, epiglotis dan pita suara menutup rapat sehingga udara dalam paru-paru terjebak. Otot perut dan dada akan berkontraksi dengan kuat sambil menekan sekat rongga tubuh. Akhirnya, pitasuara dan epiglotis akan terbuka dengan tiba-tiba, dan udara yang terjebak tadi mendadak keluar, dan terjadilah batuk.


Batuk produktif
                Berdasarkan produktivitasnya, dikenal ada dua  jenis batuk yaitu batu produktif (bisa disebut berdahak) dan batuk tidak produktif (lebih dikenal dengan batuk kering). Sedangkan berdasarkan waktu berlangsungnya, terdapat dua jenis batuk yaitu batuk akut dan batuk kronis.
                Batuk produktif adalah batuk yang menghasilkan dahak atau lendir (sputum) sehingga lebih dikenal dengan sebutan batuk berdahak. Batuk produktif memiliki ciri khas yaitu dada tera penuh dan berbunyi. Mereka akan mengalami batuk produktifumumnya mengalami  kesulitan bernapas dan disertai pengeluaran dahak. Gejala biasanya bertabah berat ketika terjagadan berbicara, batuk produktif sebaiknya tidak diobati dengan obat penekan batuk karena lendir akan semakin banyak terkumpul diparu-paru.
Beberapa penyebab batuk produktif antara lain:
= virus
                Batuk produktif yang menyertai flu merupakan hal yang normal. Terjadinya batuk sering dipicu oleh lendir yang mengalir sepan jang tenggorokan.
=infeksi
                Infeksi paru-paru atas saluran pernapasan bagian atas dapat menyebabkan batuk. Batuk produktif bisa merupakan gejala pneumonia, bronchitis, sinusitis, atau tuberkolosis
=penyakit paru-paru kronis
                Batuk produktif dapat merupakan tanda penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang bertambah parah atau sebagai tanda bahwa anda telah terinfeksi.
= asam lambung yang kembali ke korongkongan
                Jenis batuk ini mungkin merupakan gejala gastroesopbageal reflux dan mungkin dapat membangunkan anda saat tertidur.
= lendir yang mengalir kebelakang tenggorokan (post-nasal drip syndrome)
                Hal ini dapat menyebabkan batuk produktif atau perasaan bahwa anda harus batuk terus-menerus untuk membersihkan tenggorokan anda.
= perokok atau pengguna tembakau
                Batuk produktif bagi perokok atau pengguna tembakau sering merupakan tanda kerusakan paru-paru atau iritasi tenggorokan/ kerongkongan.


 Batuk tidak produktif
Batuk tidak produktif merupakan batuk yang tidak menghasilkan dahak (sputum), yang juga disebut batuk kering. Batuk tidak produktif sering membuat tenggorokan terasa gatal sehingga menyebabkan suara menjadi serak atau hilang. Batuk ini sering dipicu oleh kemasukan partikel makanan, bahkan iritan, asap rokok (baik oleh perokok aktif maupun pasif), dan perubahan temperatur, batuk ini dapat merupakan batuk sisa dari infeksi virus atau flu.
Beberapa penyabab baruk tidak produktif antara lain:
= virus
                Setelah terserang flu, batuk kering mungkin bisa bertahan selama beberapa minggu lebih panjang dari pada gejala lain, dan sering memburuk pada malam hari.
= bronkospasme
                Batuk tidak produktif, terutama pada malam hari, mungkin menunjukkan kejang (spasme) di bronkial yang disebabkan oleh iritasi.
= alergi
                Sering bersin juga merupakan gejala umum alergi radang selaput lendir hidung (alergic rbinitis)
= obat pengontrol tekanan darah tinggi golongan penghambat ACE (angiotensin converting enzyme)
                Penghambat ACE termasuk captopril, enalapril maleate, dan lisinopril
= kontak dengan debu, asap, dan baban kimia dilingkungan kerja
= asma
                Batuk kering yang kronis mungkin menjadi petanda asma ringan. Gejala lain mungkin termasuk mengi (napas berbunyi), sesak napas, atau rasa sakit di dada.
= hambatan saluran udara karena benda yang dihirup, seperti makanan atau pil


Batuk akut dan kronis
            Batuk akut merupakan batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, serta jerjadi dalam satu episode. Batuk jenis ini umumnya disebabkan oleh flu dan elergi. Common cold, bentuk batuk yang sering ditemui, merupakan jenis batuk akut ringan yang disertai dengan demam ringan dan pilek. Jika batuk berlangsung lebih dari 3 minggu atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau betuk kronis berulang. Batuk jenis ini biasanya disebabkan oleh bronkitis, postmasal drip syndrome, asma, gastroesophagela reflux, tuberkolosis, dan pertusis (batuk rejan/ 100 hari)


penyebab
            baruk sering kali merupakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas akibat virus, yaitu infeksi pada hidung, sinus, dan saluran saluram udara. Salesma dan influenza merupakan contoh yang paling umu.pita suara dapat meradang (disebut laringitis), yang mengakibatkan suara parau yang dapat memengaruhi kualitas suara.  Batuk dapat pula timbul akibat iritasi tenggorokan karena keluarnya lendir dibagian belakang tenggorokan (disebut drainase postnasal).
                Batuk juga terjadi karena adanya gangguan menahun atau kronis. Orang yang menderita alergi dan asma seringkali mengalami serangan batuk tak terkendali. Zat-zat polusi dilingkungan seperti asap kendaraan atau pabrik, debu, asap rokok, dan uadara dingin atau kering juga dapat menimbulkan batuk. Terkadang batuk disebabkan asam lambung yang naik ke esofagus (kerongkongan) atau,dalam kasus yang jarang, ke paru-paru. Keadaan ini disebut astroesopbageal reflux.
                Sampai pada batas tertentu, batuk merupakan hal yang wajar. Batuk bermanfaat karena dapat membantu membersihkan saluran pernapasa dari  benda asing. Namun pada kondisi tertentu, batuk yang terjadi perlu diwaspadai karena kemungkinan batuk itu merupakan gejala satu penyakit yang lebuh serius. Terutama jika batuk berlangsung lama dan disertai gejala lainnya.


Jenis-jenis batuk
                Terdapat berbagai jenis batuk, yang masing masing dapat menandakan apa penyebabnya. Dengan mengenali jenis batuk akan membantu penanganan serta pembuatan keputusan waktu yang tepat untuk memulai pengobatan.


Batuk pada anak-anak
                Jika batuk pada anak anak merupakan indikasi penyakit yang lenih serius atau ada pertanyaan seputar batuk anak, berikut beberapa jenis batuk yang sering terjadi.
= batuk menggonggong
                Batuk seperti menyalak (barky =menggonggong) umumnya disebabkan oleh inflamasi atau pembengkakan pada saluran napas atas. Kebanyakan batuk ini ddisebabkan oleh croup, yakni inflamasi pada laring (pangkal tenggorokan) dan trakea (batang tenggorokan). Croup dapat disebabkan oleh elergi, perubahan suhu pada malam hari, dan yang umumnya infeksi saluran napas atas. Ketika saluran napas anak mengalami inflamasi, akan terjadi pembengkakan didekatatau dibawah pita suara, membuat anak kesulitan bernapas. Anak dibawah 3 tahun cenderung terserang croup karena batang tenggorokan sempit. Croup dapat terjadi tiba-tiba, bahkan di tengah malam ketika anak sedang tidur, dan sering disertai suara keras ketika anak sedang menarik napas.
= pertusis/ batuk rejan
                Batuk rejan (whooping cough) atau pertusis, adalah inpeksi pada saluran napas, yang terjadi akibat bakteri bordatella pertusis. Penyakit ini ditandai oleh bentuk yang diakhiri dengan suara keras saat anak menarik napas. Gejala lainnya adalah hidung berair, bersin,  batuk, dan sedikit demam. Walaupun pertusis dapat terjadi pada semua usia, umumnya terjadi pada bayi dibawah usia satu tahun yang tidak diimunusasi. Vaksin pertusis yang merupakan bagian dari imunisasi DPT (difteri,tetanus, pertusis) rutin diberikan dalam 5 dosis sebelum anak berusia dalam 5 tahun. Penting untuk mengikuti janwal imunisasi sesuai anjuran karena pertusis sangat menular. Bakteri dapat menyebar  antar manusia di udara melalui percukan cairan dari hidung atau mylut orang yang terinfeksi, yang dapat keluar karena bersin, batuk, atau, tertawa. Orang lain dapat terinfeksi karena menghirup percikan atau menyentuh mulut/hidung orang yang terkena percikan.
= batuk disertai napas berbunyi
                Batuk disertai dengan dapas berbunyi saat anak mengembuskan napas merupakan tanda saluran napas bagian bawah mengalami peradangan/inflamasi. Pada anak yang masih kecil, saluran napas bagian bawah terhalang oleh benda asing atau lendir karna infeksi pernapsan.
= batu dimalam hari
                Kebanyakan batuk bertambah buruk dimalam hari karena penyumbatan dalm hidung dan sinus yang mengalir disepanjang tenggorokan serta menyebabkan iritasi saat anak berbaring. Ini menimbulkan masalah karena anak menjadi sulit tidur. Asma juga dapat memicu batuk dimalam hari karena saluran napas cenderung menjadi sensitif dan mudah teriritasi pada malam hari.
= batuk disiang hari
                Dapat disebabkan oleh alergi, asma, kedinginan, dan infeksi pernapasan. Udara dingin dan aktifitas yang berat dapat memperparah batuk ini, tetapi biasanya akan mereda dimalam hari ketika anak beristirahat. perlu dipastikan bahwa dirumah tidakada faktor pencetus batuk seperti pengharum ruangan, binatang peliharaan, dan asap (terutama asap rokok)
= batuk disertai demam
                Jika anak batuk ddisertai demam dan hidung meler, kemungkinan anak terseranf flu. Namun batuk disertai demam tinggi (39C) atau lebih mungkin disebabkan oleh pneumonia, terutama jika anak terlihat lesu dan bernapas dengan cepat. Bila ini terjadi segera bawa anak kedokter
= batuk disertai muntah
                Umumnya anak batuk karena dipicu oleh reflek penyumbatan. Anak yang diderita batuk disertai flu atau asma dapat muntah jika terlalu banyak lendir yang mengalir kedalam perut dan menimbulkan rasa mual.
= batuk menetap
                Batu yang disebabkan flu dapat hilang dalam 1 minggu. Asma, alergi, atau infeksi kronis disinus atau saluran napas mungkin penyebab pada batuk yang menetap (persisten). Jika batuk terjadi selama 3 minggu, segera hubungi dokter.


Tanda dan gejala batuk yang harus diobati
                Umumnya batuk biasa akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun segera bawa kedokter jika anak :
= sulit bernapas
= bernapas lebih cepat daripada biasanya
=mengalami kebiruan pada bibir, wajah, atau lidah
=demam tinggi (terutama pada bayi yang usianya masih 3 bulan) atau hidung meler
= batuk lebih beberapa jam (khususnya bayi yang berusia 3 bulan atau kurang)
= mengeluarkan bunyi yang keras ketika bernapas setelah batuk
= mengalami batuk berdarah
= mengeluarkan suara nyaring ketika bernapas
=nerbunyi ketika menghembus napas (kecuali jika telah mengetahui cara mengontrol asma dari dokter)
= terlihat lesu dan sakir berat
Pengobatan
Pengobatan medis
                Salah satu cara mendiagnosis batuk adalah dengan cara mendengarkan cara batuknya. Dokter akan menentukan pengobatan berdasarkan suara batuk yang terdengar. Karena sebagian besar penyakit pernapasan seperti batk disebabkan oleh virus, maka dokter tidak meresepkan antibiotik untuk batuk. Jika mencurigau adanya infeksi bakteri , dokter baru akan memberikan anti biotika.
Pengobatan dirumah
                Pengobatan dirumah yang dapat dilakukan untuk  meringankan gejala adalah sebagai berikut:
= jika menderita asma , pastikan anda sudah tau cara mengontrol asma dari dokter anda. Ikuti perkembangan ketika terjadi serangan asma dan berikan obat asma sesuai anjuran dokter.
= jika ditengah malam terjadi batuk menggonggong atau sesak napas, hiruplah uap air panas untuk membantu melegakan pernapasan.
= jika ada alat pelembab udara dikamar, benda tersebut dapat membantu anda untuk tidur dengan nyenyak.
= minuman dingin seperti jus dapat menenangkan, tetapi hindari minuman bersoda dan jeruk.
= jangan memberikan (terutama pada bayi dan anak yang baru belajar berjalan) obat batuk bebas tanpa petunjuk khusus dari dokter.


Memahami penggunaan obat batuk
                Obat batuk bebas yang beredar dipasaran hadir dalam berbagai jenis sehingga kita memiliki banyak pilihan untuk mengatasi batuk. Namun harus dipastikan bahwa obat batuk bebas yang digunakan adalah aman dan baik untuk batuk anda. Berikut adalah beberapa petunjuk mengenai obat batuk yang banyak dijual bebas.
                Obat bebas adalah obat yang dapat anda beli tanpa resep dokter. Obat batuk bebas dapat dikelompokkan kedalam dua jenis: antitusif dan ekspektoran. Antitusif adalah penekan batuk, yang bertugas menghilangkan batuk dengan cara menghambat refleks batuk. Dekstrometorfan merupakan antitusif yang umum digunakan. Sementara itu, ekspektoran adalah pengencer dahak yang bertugas mengeluarkan lendir dari saluran napas. Satu satunya ekspektoran yang dijual bebas adalah guaifenesin.
                Kadang dang dekstrometorfan dan guaifenesin dikombinasikan, tetapi dapat juga dikombinasikan dengan produk lain, seperti penghilang rasa sakit, dekongestan (pereda  hidung tersumbat), atau antihistamin (anti alergi). Produk kombinasi ini dimaksutkan untuk mengobati banyak gejala dalam satu waktu.
                Jika gejala utama adalah batuk, hati hati dengan efek kering dari anti histamin dan dekongestan dalam obat kombinasi. Efek ini akan membuat lendir menebal dan sulit dikeluarkan dari saluran napas, sehingga akan membuat batuk anda semakin parah


pencegahan
                sebelum terserang batuk, lebih baik kita melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri. Berikut beberaapa tipsnya :
= jangan merokok dan menghindari diri dari asap rokok
= jika anda menderita alergi musiman, sebaiknya anda tetap didalam rumah jika pencetus alergi sedang banyak diudara/ luar. Tutuplah jendela dan pintu, jika memungkinkan, gunakan AC alih-alih kipas yang akan menarik udara luar kedalam, serta segera mandi dan ganti pakaian jika anda baru saja berpergian.
= jika anda memiliki alergi atau asma, tutuplah bantal dan kasur agar tidak mengisap debu, gunakan pembersih udara, bersihkan karpet sesering mungkin, dan hindari binatang atau pencetus alergi lainnya.
= cuci tangan sesering mungkin jika berada disekitar orang yang menderita infeksi pernpasan.
=minumlah air putih minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas perhari.
=kurangi konsumsi makanan seperti gorengan dan sambal.
= hindari menumpuk barang dan mengantung pakaian didalam kamar karena akan menimbulkan debu
= bersihkan kamar secara teratur agar ruangan tidak dipenuhi oleh debu

=berolahraga secara teratur agar tubuh tetap prima.


EmoticonEmoticon