Makanan yang mampu meningkatkan hemoglobin


Hemoglobin juga sering disingkat dengan darah HB. Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.
Berikut adalah makanan yang mampu meningkatkan HB

1.) Meningkatkan HB dengan Biji labu

      Dalam 100 gram biji labu terdapat sekitar 15 miligram besi. Itu berarti 83% dari kebutuh harian zat besi yang disarankan untuk anda. Biji labu juga kaya akan omega-3 dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

2.) Meningkatkan HB dengan Beras merah

      Beras merah menjadi cukup populer dewasa ini, karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan hingga membantu menurunkan berat badan. Beras merah juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

3.) Meningkatkan HB dengan Kismis

      Produk buah yang satu ini juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin. Kismis mengandung zat besi, serat, dan juga vitamin C (yang juga membantu penyerapan zat besi). Kismis adalah salah satu yang terbaik untuk mengatasi anemia.

4.) Meningkatkan HB dengan Bayam

      Sayur yang sangat akrab dihidangkan dalam menu makan orang Indonesia ini termasuk sumber zat besi terbaik dari kategori sayuran. Selain kandungan zat besinya, bayam juga mengandung vitamin B12 dan asam folat.

5.) Meningkatkan HB dengan Tahu

     Tahu adalah salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan asupan zat besi bagi mereka yang tidak makan daging (vegetarian). Dalam 100 gram tahu terkandung sekitar 5 miligram besi.

6.) Meningkatkan HB dengan Kentang

     Kentang adalah sumber zat besi yang cukup baik. Kentang juga mengandung vitamin C, yang mana baik untuk membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

7.) Meningkatkan HB dengan Buah delima

       Delima juga sering direkomendasikan bagi mereka yang kekurangan zat besi. Buah sehat yang satu ini tidak hanya mengandung besi, namun juga ada kalsium dan magnesium yang penting untuk tubuh.

8.) Meningkatkan HB dengan Cokelat hitam

      Jika anda suka cokelat, maka anda sudah mencoba yang namanya cokelat hitam. Dalam cokelat hitam (setidaknya 80%) mengandung lebih dari 15 miligram zat besi untuk tubuh anda.

9.) Meningkatkan HB dengan Kacang-kacangan

      Semua jenis kacang-kacangan kaya akan zat besi. Kacang-kacangan termasuk kacang kedelai , kacang merah merah , buncis , kacang polong, kacang hitam , lentil, kacang fava . Makan Kacang-kacangan dalam diet harian Anda akan meningkatkan tingkat zat besi Anda .

10.) Meningkatkan HB dengan buah Bit

       Bit merupakan sumber yang kaya zat besi . Anda dapat makan bit dalam berbagai bentuk seperti salad , jus bit atau menyiapkan hidangan manis bit .

11.) Meningkatkan HB dengan Semangka

       Semangka menyediakan besi bersama dengan tingkat tinggi protein , karbohidrat , kalium , vitamin C dan vitamin B. Secara teratur memiliki buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini juga akan memberikan energi dan stamina tubuh Anda .


EmoticonEmoticon