4 Jenis Keseimbangan Asam Basa

  Ketidak seimbangan asam-basa dibagi menjadi ketidakseimbangan respiratorik atau metabolisme, bergantung pada penyebab yang melatarbelakanginya.tubung mengoreksi ketidakseimbangan asam-basa melalui proses kompensasi. Empat jenis ketidak seimbangan asam basa adalah: asidosis respiratorik, alkalosis respiratorik, asidosis metabolik, dan alkalosis metabolik.

  1.) ASIDOSIS RESPIRATORIK.
       Asidosis respiratorik adalah keadaan dimana konsentrasi karbon dioksida arterial meningkar (PaCO2), kelebihan asam karbonat (H2CO3) serta meningkatnya konsentrasi ion hidrogen (PH kurang dari 7,35). Asidosis respiratorik disebabkan oleh hipoventilasi. Dengan adanya asidosis respiratorik, cairan serebrospinal dan sel otak menjadi bersifat asam sehingga menyebabkan perubahan neurologis. Perubahan elektrolit seperti hiperkalemia dan hiperkalsemia dapat disertai dengan asidosis. Untung mengopensasi asidosis, ginjal mempertahankan bikarbonat dan melepaskan ion hidrogen dalam urune. Ginjal memberikan respons yang lambat dalam proses ini membutuhkan eaktu 24 jam.

  2.) ALKALOSIS RESPIRATORIK
      Alkalosis respiratorik ditandai dengan adanya penurunan PaCO2 dan meningkatkan PH (lebih besar dari 7.45). Sama seperti asidosis respiratirik, alkalosis respiratorik dimulai dari luar sistem pernapasan (misalnya kecemasan disertai hiperventilasi) atau dimulai dari sistem pernapasan (misalnya fase awal serangan asma) tubuh biasanya tidak berkompensasi pada alkalosis respiratorik karena PH kembali ke nilai normal sebuah ginjal berespons.

  3.)  ASIDOSIS METABOLIK
      Asidosis metabolik terjadi akibat tingginya kadar asam dalam darah, yg juga menyebabkan kehilangan natrium bikarbonat, sebagian besar alkali pada sistem penyangga karbonat menyebabkan defisit bikarbonat (chernecky etal.,2006) diare yang parah dan penyakit ginjal menyebabkan asidosis metabolik. Dalam upaya untuk mengidentifikasi penyebab asidosis metabolik, lakukan analisis elektrolit serum untuk mendeteksi jarak anion. Jarak anion merefleksikan kehadiran anion yang tidak dapat diukur falam plasma.
     Hitung jarak anion dengan mengurangi jumlah konsentrasi kloridan dan bikarbonat dari jumlah konsentrasi natrium serum (heitz dan horne, 2005). Kompensasi asidosis metabolik adalah meningkatkan ekskresi CO2 melalui paru dengan meningkatkan kecepatan dan kedalaman pernapasan.

  4.) Alkalosis metabolik
       Alkalosis metabolik merupakan hasil dari kehilangan asam dari tubuh  atau meningkatnya kadar bikarbonat. Penyebab yg paling umum adalah muntah dan pengispan gastrik. Penyebab lain adalah koreksi asidosis metabolik yang berlebihan, defisiensi kalium, hiperaldosteron, dan pengguna terapi tiazid yang menyebabkan peningkatan ekskresi asam pada ginjal (monshan etal.,2007). Kompensasi terjadi dengan menurunkan kecepatan pernapasan dan kehilangan bikarbonat oleh ginjal jika tidak disebabkan oleh penyakit ginjal.

1 comments so far

Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!


EmoticonEmoticon