7 kondisi yang mempengaruhi pergerakan dinding dada

Assalamualaikum..wr..wb.
SegaLa kondisi yang mengurangi pergerakan dinding dada menyebabkan penurunan ventilasi. Jika diafragma tidak secara penuh menurun saat bernafas, maka volume udara yang dihirup menurun sehingga penyampaian oksigen ke alveoli dan jaringan berkurang.
1.) KEHAMILAN
      Selama perkembangan janin pada waktu kehamilan, pembesaran uterus menekan isi abdomen keatas melawan diafragma. Pada trisemester terakhir kehamilan, kapasitas inspirasi menurun sehingga menyebabkan dispnea akibat peningkatan tenaga dan kelelahan.
2.) OBESITAS
      Klien yang menderita obesitas mengalami penurunan volume paru akibat beratnya toraks bagian bawah dan abdomen, terutama ketika dalam posisi berbaring dan telentang. Klien dengan obesitas mengalami penurunan pengembangan akibat perluasan abdomen kedalam rongga dada, meningkatnya kerja pernapasan, dan penurunan volume paru. Pada beberapa klien sindroma obesitas-hipoventilasi terjadi dimana oksigen menurun dan karbon dioksida ditahan. Klien obesitas juga rentan terhadap pneumonia setelah operasi atau infeksi saluran pernapasan atas karena paru tidak secara penuh mengembang dan lobus paling bawah menahan sekret paru.
3.) KELAINAN MUSKULOSKELETAL
      Kelainan muskuloskeletal pada daerah toraks mengurangi oksigenasi. Kelainan tersebut disebabkan karena konfigurasi stuktur yang abnormal, trauma, penyakit moskular, dan penyakit sistem saraf pusat. Konfigurasi struktur yang abnormal mengganggu oksigenasi termasuk semua yang memengaruhi sangkar iga, seperti pectus axcafatum, dan kolumna vertebralis seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis.
4.) TRAUMA
      Fraktur iga multipel menyebabkan flail chest, suatu kondisi dimana fraktur menyebabkan ketidakstabilan pada bagian dari dinding dada. Ketidak stabilan dinding dada menyebabkan paru yang berada di bawah daerah yang mengalami trauma gagal untuk berkontraksi saat inspirasi dan mengembung saat ekspirasi, menyebabkan hopoksia. Insisi pada bagian dada atau abdomen bagian atas juga mengurangi pergerakan dinding dada yang digunakan klien melalui pernapasan yang dangkal untuk meminimalkan pergerakan dinding dada untuk menghindari rasa sakit. Dosis opioid yang tinggi atau berlebihan menekan pusat pernapasan, selanjutnya menurunkan kecepatan pernapasan dan pengembangan dinding dada.
5.) PENYAKIT NEUROMUSKULAR
      Penyakit neuromuskular memengaruhi jaringan yang teroksigenasi dengan mengurangi kemampuan klien untuk mengembangkan dan mengontraksikan dinding dada. Ventilasi terganggu, dan etelektasis, hiperkapnia, dan hipoksemia terjadi. Myastenia gravis, sindroma Buillain -Barre, dan poliomielitis menyebabkan hipoventilasi.
6.) GANGGUAN SISTEM SARAF PUSAT
      Penyakit atau trauma yang meliputi medula oblongata dan kordaspinalis menyebabkan gangguan pernapasan. Ketika modula oblongata terkena, terjadi kerusakan regulasi persarafan pernapasan dan pola pernapasan abnormal. Ketika nervus frenikus rusak, diafragma tidak dapat turun dengan baik, sehingga menyebabkan volume paru saat inspirasi berkurang dan mengakibatka hipoksemia. Trauma servikal pada C3-C5 biasanya mengakibatkan paralisis nervus frenikus. Trauma korda spinalis dibawah vertebra servikal kelima biasanya nervus frenikus tetap utuh tetapi merusak nervus yang berinervasi di otot-otot interkostalis sehingga menahan pengembangan dada anteroposterior.
7.) PENGARUH PENYAKIT KRONIS
      Osigenasi menurun sebagai kosekuensi langsung dari penyakit kronis. Hal ini juga bisa menjadi efek sekunder, sama dengan anemia. Respons fisiologi terhadap hipoksemia kronis adalah perkembangan yang meningkat dari sel sel darah merah (polisitemia). Ini merupakan respons adaptasi tubuh untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dan meningkatkan kemampuan bagian yang mengikat oksigen.
Sekian postingan kali ini saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog saya.
Assalamualaikum.wr..wb.

1 comments so far

Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!


EmoticonEmoticon