manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah




manfaat jeruk nipis unruk kulit wajah


Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :
  • Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
  • Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
  • Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah
1. Jerawat dan Bekas Noda
Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.
Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.
Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.
2. Anti Penuaan
Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :
  • Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit
  • Atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan
3. Mengecangkan Pori-pori
Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.
4. Menghapus Kulit Mati
Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.
5. Kulit Bersinar
Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.
6. Mengatasi Flek Hitam
Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.
7. Mengatasi Pori-pori Membesar
Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.
8. Menjaga Kelembaban Alami Kulit
Perasaan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit
9. Mengurangi jumlah produksi keringat

Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kulit wajah adalah bagian paling rentan terhadap masalah kulit, karena itu sangat penting untuk memberi perawatan ekstra yang aman pada wajah jika ingin terhindar dari problem kecantikan seperti jerawat, komedo, dan teman-temannya.

Kulit berminyak terjadi akibat pori-pori kulit terbuka lebar sehingga produksi minyak menjadi berlebihan. Anda bisa merasakan dampak negatif dalam waktu singkat jika sadar bahwa kulit wajah berminyak. Jika tidak ingin menikmati hadiah buruk dari minyak berlebih pada wajah, segera atasi dengan mengoleskan jeruk nipis pada wajah secara rutin.

Berikut cara membuat masker wajah dari jeruk nipis:

  1. Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, potong jadi dua bagian.
  2. Gosokkan bagian dalam kulit jeruk nipis pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Apabila terdapat luka pada wajah, jangan dioleskan.
  3. Diamkan selama 10 menti hingga air terserap ke dalam pori-pori kulit, bilas dengan air bersih.

Dalam sesaat Anda akan merasakan wajah yang bebas minyak dalam waktu lama.

10. Meminimalisir jumlah jerawat dan memudarkan bekasnya

Anda bisa mendapatkan wajah yang bebas jerawat dengan menerapkan perawatan yang sama seperti mengatasi kulit berminyak. Hanya saja bagian yang digunakan adalah air perasan jeruk nipis. Oleskan air jeruk menggunakan cotton bud pada jerawat dan bekasnya, diamkan 30 menit hingga mengering sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memadukan jeruk nipis dengan madu secukupnya. Kedua bahan ini kontribusinya di bidang kecantikan, terutama merawat kulit sudah banyak dibuktikan oleh para pakar kecantikan di seluruh dunia. Anda bisa menggabungkan keduanya sebelum dioles pada wajah.

11. Mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah

Semua orang pasti mengidamkan wajah yang bersih, kencang, dan cerah layaknya putri keraton. Pasalnya, wajah yang bersih tanpa noda bisa menjadi modal untuk menuai kesuksesan di dunia bekerja. Namun yang menjadi permasalahan adalah untuk mewujudkan mimpi ini tidaklah mudah, butuh keseriusan dalam menjalani perawatan dengan masker jeruk nipis.

12. Membuat kulit tampak awet muda

Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan kulit yang semakin menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa untuk diimbangi dengan perbanyak minum air putih agar tekstur kulit tetap lembut dan kenyal layaknya wanita usia 20-an.


EmoticonEmoticon